SEKILAS INFO
16-10-2024
  • 3 tahun yang lalu / Kuliah Umum Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Almuhammad) Cepu, Bersama Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Agama RI, Prof Dr. KH. Nizar Ali, MAg Besuk Pada Hari Jumat, 9 April 2021, Pukul 12.45 WIB, di Aula Ponpes Almuhammad Cepu, Seluruh Tamu Wajib Mentaati Protokol Kesehatan.
  • 3 tahun yang lalu / Sekitar 309 Mahasiswa STAI Almuhammad, mengikuti pemekalan Kuliah Kerja Nyata di aula kampus setempat. Pembekalan KKN dilaksanakan selama dua hari, yak dari 20 hingga 21 Februari 2021.
  • 3 tahun yang lalu / Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap Mahasiswa STAI Almuhammad Cepu akan dilaksanakan darai tanggal 24 Februari hingga 27 Maret 2021. KKN akan dilaksanakan dengan mengacu standar protokol kesehatan.
28
Sep 2023
0
Tingkatkan Profesionalisme Mahasiswa, PGMI IAI Al Muhammad Datangi MI NU di Yogyakarta

Program Studi PGMI IAI Al Muhammad Cepu menggelar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di MI Nurul Ummah (MINU) yang beralamat di jalan Raden Ronggo KG II/982, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta, Rabu 27 September 2023. KKL ini merupakan kegiatan berbasis praktikum dalam rangka Pengembangan Profesi Pendidikan mahasiswa Prodi PGMI IAI Al Muhammad Cepu.

“KKL ini merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang harus diikuti oleh mahasiswa, sebagai pelatihan dan penerapan teori yang diperoleh dalam perkuliahan guna memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah.” Ungkap Kaprodi PGMI, Karjo, M.MPd.

KKL diikuti oleh 25 mahasiswa program studi PGMI, 5 Dosen Pembimbing lapangan dan 2 Pendamping. Rombongan tiba di lokasi kunjungan pukul 07.00 WIB dan disambut oleh Yayasan Pendidikan Bina Putra serta Kepala Madrasah Ibtidaiyyah Nurul Ummah.

Dalam sambutannya, Risky Cahya Pratama, S.Pd., selaku Kepala Sekolah menyampaikan, “Sebuah penghormatan bagi kami bisa berbagi ilmu dengan teman-teman mahasiswa dari IAI Al Muhammad Cepu. MINU ini merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.”

MI Nurul Ummah memperioritaskan program Tahsinul Qur’an dan Tahfidzul Qur’an dengan konsep pendidikan terpadu. Titik tekan program pendidikan yang digulirkan di MI Nurul Ummah adalah “menyeimbangkan pengetahuan agama dengan pengetahuan sains dan sosial yang berdasarkan nilai-nilai Islam dalam rangka membentuk generasi bangsa yang bertakwa, berakhlakul karimah, unggul dan cendekia.

Menurut Risky, Kepala Sekolah MINU, bahwa “Selain program Tahsinul Qur’an dan Tahfidzul Qur’an, kami membekali kemampuan baca kitab kuning bagi anak-anak dengan metode Amtsilati. Ini salah satu kekhasan dari MINU sehingga bisa eksis dan disambut antusias oleh masyarakat.”

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. H. Slamet Mamik, M.M., M.MPd., menyampaikan sambutan mewakili Institusi. Ada Tiga tujuan utama dari diselenggarakannya KKL ini yaitu: 1).Membekali mahasiswa gambaran pengalaman langsung proses pendidikan dan pengelolaan lembaga pendidikan. 2). Meningkatkan profesionalisme mahasiswa di bidang manajemen pendidikan melalui pengujian teori yang diperoleh di bangku kuliah dan penerapannya di lapangan. 3) Membangun kerjasama kolaboratif antar lembaga.

“Kami berharap KKL ini menjadi pondasi kerjasama institusional antara Yayasan Pendidikan Bina Putra dengan Yayasan Pondok Pesantren dan Madrasah Al Muhammad Cepu.” Kata Wakil Rektor III saat menutup kegiatan KKL Prodi PGMI IAI Al Muhammad Cepu.

Selanjutnya Prodi PGMI IAI Al Muhammad Cepu melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan antara PGMI dan MI Nurul Ummah Yogyakarta tentang Kerjasama dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Video Terbaru

RSS MRI Media

Alamat

Jl. Blora No.151, Wonorejo, Cepu, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58312